Thursday, 26 May 2011

BCSB bazaar: SELLING is our BIGGEST EXPERIENCE



Here you go!
Seminar BONG CHANDRA kali ini bertema ACCIDENTAL IDEA: bagaimana membuat sebuah ide kreatif menjadi peluang ;) Tema yang menarik! Tapi, disini saya bukan mengikuti bazaarnya, seperti yang pernah kami lakukan di seminar THE SCIENCE of LUCK (Februari 2011), tetapi kami BERJUALAN disana. ;)
Bong Chandra membuat program dimana kami bisa mempraktekkan ilmu- ilmu yang telah dipelajari di kelas BCSB.. Di seminar 2000 orang ini, , merupakan suatu kesempatan yang berharga dimana kita bisa menyalurkan semangat, ekspresi, daya jual, dan lain- lain.

Singkatnya, kami dibagi menjadi 6 Kelompok, kebetulan saya adalah ketua kelompok 2. Sebagai ketua, disini saya juga dilatih LEADERSHIP. Tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, yang bisa mendengar kemauan anggotanya tapi tetap menyelaraskan dengan keputusan bertindak..
Kami sekelompok harus menentukan apa yang akan kita jual (tidak boleh food&beverages), akhirnya kami memutuskan untuk menjual sandaran punggung untuk kursi dan kaos import adidas. Dengan modal 1.000.000 yang diberi Coach Bong, kami harus memaksimalkan, melipatgandakan, menguasai modal tersebut sehingga kami memperoleh keuntungan.
You know what??
Kelompok saya berhasil menjual 20buah senderan kursi seharga rp.40.000 HABIS dan 18 potong kaos zopper adidas import di range RP.70.000- Rp.110.000... Dengan modal hanya Rp.943.000 saja, kami berhasil melipatgandakan uang tersebut menjadi keuntungan bersih Rp.1.946.000!! :D

Tetapi ada harga yang harus dibayar.. Awalnya, bahkan saya sendiri sudah takut barang tidak habis terjual, tapi saya tidak boleh memperlihatkan ketakutan tersebut di depan anggota saya.. Maka saat itu juga, saya mendesak semua anggota supaya menjual samapai habis. Ketika akhirnya kepepet, kami 6 kelompok menyatukan 'kegilaan' :) bisa diliat kegilaan kami di http://www.youtube.com/ search for BONG CHANDRA SCHOOL OF BILLIONAIRES PERFORMANCE !!

Disini betapa saya sadar bahwa menjadi seorang PEMIMPIN TANGGUH itu tidak mudah. Anda harus siap menghadapi kegagalan, anda harus siap mental, anda harus bisa meng-handle kelompok sebagaimana mestinya. Anda harus rela DITOLAK. Tidak jarang saat itu saat saya menawarkan barang, saya ditolak atau dicuekin. Tapi saat itu, hanya 1 yang perlu dilakukan= Putuskan Urat Malu Anda!" ;)
Menjadi pemimpin tidak perlu semuanya kita yang mengatur. Itulah fungsi anggota, menyampaikan ide sekaligus membantu ketua. Pemimpin tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa anggota yang luar biasa!


Dan bahwa saya punya anggota yang semangatnya luarbiasa, tidak pernah menyerah, urat malu putus, dan keberanian, semua itu patut saya acungi jempol.. Meskipun saya tahu kinerja kelompok masih perlu ditingkatkan, namun apa yang kelompok saya lakukan is GOOD! Saya juga belajar, justru pemimpinlah yang harus mendengar dan melayani anggota, bukan sebaliknya.
Hari itu adalah salah 1 pengalaman terbaik yang pernah saya dapatkan selama ini :)
And, check the photos below!

       

Kegiatan selama menunggu jam istirahat seminar, we breakdanced, got ready, took picture ;)-